Jumat, 21 Desember 2012

Teladan dari Seorang Ibu


Alhamdulillah, bertepatan dengan hari ibu ini, akhirnya aku bisa menyelesaikan tulisan tentang ibuku yang sudah dijanjikan di postingan ini.

Nah, sekarang aku ingin menceritakan tentang ibuku yang biasa ku panggil dengan sebutan Mama. Mama adalah wanita yang baik, yang memiliki sifat penyabar diatas rata-rata wanita biasa. Dan Mama juga  merupakan guru yang mengajarkan ku bagaimana caranya bersabar dalam menghadapi sesuatu yang tidak disukai. Pokoknya Mamaku hebat deh..!!!

Suatu hari Mama bercerita kepada ku tentang ekspresi ibu-ibu yang tidak cocok dengan isi nasehat dari seorang penasehat, kemudia mama berkata “jika kita dinasehati oleh orang kemudian nasehat tersebut sulit untuk kita terima atau kita menjadi sakit hati karena itu, maka kamu boleh kq membenci orang tersebut, tetapi kamu tidak boleh membenci isi dari nasehat itu bila isi nasehatnya menghendaki baik untuk mu”. Kemudian, “nah, bila nasehat itu menghendaki baik untuk mu maka berarti orang itu menyayangimu, maka kamu tidak ada alasan untuk membencinya”.

Ya itulah salah satu kelebihan dari mamaku, yang bisa menerima nasehat meskipun disampaikan secara keras kedalam hatinya. Aku pernah dibilang ayahku, gara-gara aku bilang ke mama tidak boleh memakai kerudung yang ada spon dibelakangnya, mama jadi mencabuti spon yang ada di semua kerudungnya. Padahal mama suka sekali memakai kerudung jenis itu dan jumlah koleksinya sudah banyak sekali, tapi mama ridho menghilangkan semua spon-spon yang ada di kerudung-kerudungnya. Waktu itu aku jadi terharu banget mendengar perkataan ayah, tapi mau bagaimana lagi memang itulah yang terbaik buat mama.

Tidak hanya masalah nasehat lho, mamaku juga seorang wanita yang bener-bener hobi membaca Al Quran.  Hobi ini sepertinya turunan dari Mbahku yang juga hobi membaca Al Quran. Karena kata mama, dulu si Mbah hampir tidak pernah kelewat membaca Al Quran setiap harinya. Mungkin hal inilah yang membuat mama bisa memiliki hati yang sesabar itu, ya. 

Andaikan ada wanita yang memiliki kesabaran seperti mama, maka aku akan tertarik dengannya. Mungkin karena hal itu juga aku jadi suka mengetes kesabaran anak-anak keputrian, Hhe maaf.

Tidak ada komentar: