Sabtu, 24 Desember 2011

Sebuah Pujian dapat Mengubah Niat Seseorang

Pujian memang lebih diinginkan dibanding dengan kritikan atau nasehat. Namun, pujian itu dapat membahayakan si penerima pujian. Dia bisa menjadi orang yang sombong bila tidak arif dalam memaknai pujian tersebut. Atau bahkan bisa lebih bahaya lagi yaitu bisa merubah niatnya yang semula karena Alloh menjadi karena ingin dipuji. Seperti tulisan saya kemarin. 

Oleh sebab itu, kita dilarang memuji seseorang terutama dalam urusan ibadah atau amalan seseorang, sebagaimana dalil dibawah ini:
Nabi Muhammad pernah mendengar seseorang sahabat Beliau yang memuji kepada saudaranya, kemudian Beliau bersabda: kalian telah memutus punggung saudaramu. (yaitu yang dimaksud adalah membuat niat orang tersebut berubah menjadi tidak karena Alloh). (HR. Bukhori) 
Adapun cara yang baik, bagaimana menyikapi ketika kita mendapat sebuah pujian dari orang lain adalah dengan mengembalikan pujian itu kepada Alloh, yaitu bersyukur dengan mengucapkan Alhamdulillah. Karena pujian merupakan kabar gembira dari Alloh yang dicepatkan melalui hamba-Nya. Untuk itu bersyukurlah, insya Alloh kita tidak lagi memiliki keinginan untuk dipuji.

Tidak ada komentar: