Kamis, 15 Desember 2011

Sabar ketika ada yang Menyakiti Hati Kita

Sabar memang sesuatu yang sulit untuk dilakukan ketika ada yang menyakiti hati/perasaan kita. Itu juga yang aku rasakan ketika ajakanku dibantah oleh teman kos ku dengan kasar. Padahal ajakan itu ajakan yang baik, yang bisa membuatnya jadi orang yang beruntung di akhirat kelak. Namun apalah daya ini, bila Alloh tidak menghendaki baik untuknya, maka sangat tidak mungkin dia mau mengikuti ajakanku itu. Permasalahannya adalah cara dia menolak itu yang membuat hati ini jadi emosi gak ketulungan sehingga membuat ku jadi putus asa untuk mengajaknya kembali.

Aku mengetahui, bila putus asa dalam melakukan hal yang baik itu salah. Untuk itu sekarang aku akan menulis bagaimana cara supaya bisa sabar ketika ada yang menyakiti hati kita. Yang mana tips ini aku dapatkan dari hasil pengajian ku tadi.


sumber: arrahmah.com
Ada beberapa hal yang membuat orang itu dikatakan bersabar, yaitu:


-         Hatinya menerima bahwa hal yang menyakitkan itu merupakan Qodar dari Alloh.
-         Hatinya yakin akan pertolongan dari Alloh.
-         Hatinya tidak dendam terhadap orang yang menyakiti tersebut.
-         Lisannya tidak berkata kotor atau membalas kejelekan tersebut.
-         Dan perbuatannya tetap melakukan ibadah dan tidak putus asa.

Sedangkan tipsnya adalah; bila hati kita disakiti oleh orang maka lihatlah kebaikan dari orang tersebut. Atau bila tidak ada, maka contohlah kebaikan orang-orang yang sabar yang telah lewat, sebagaimana yang dilakukan oleh Rosululloh SAW ketika di laporkan ada yang merasani Beliau, maka Beliau bersabda: sungguh-sungguh Nabi Musa AS telah disakiti dengan yang lebih banyak dari itu maka Nabi Musa bisa sabar. (HR. Bukhori)

Selamat mencoba..!!! 

Tidak ada komentar: