Senin, 21 Mei 2012

Senyum itu Menyejukan Hati

"Senyum itu ibadah, maka tersenyumlah ketika bertemu dengan siapa saja". Itulah kata-kata temanku yang sampai saat ini aku ingat. Dia mempunyai semacam program untuk tersenyum kepada orang yang ditemuinya lho, bahkan tidak hanya tersenyum sih, dia juga menyapa orang tersebut. Tidak heran bila banyak yang mengenalnya, baik di kampus atau di lingkungan pengajian, juga di sekitaran jalan menuju tempat tersebut.

Aku mengetahui ini bukan hanya dari ceritanya saja lho, tapi pernah aku buktikan sendiri. Dulu aku pernah berangkat ke kampus bareng dia. Dan hampir setiap ada orang yang dia lewati disapanya, baik orang yang lagi menyapu jalan, pedagang yang lagi mangkal, satpam yang lagi jaga, dan lainnya. Namun bila dia belum mengenal orang tersebut, dia hanya memberikan sebuah senyuman.

bukan orang ini yang aku maksud #piss
Keren banget, yakan. Tidak banyak orang yang bisa berkelakuan seperti dia, apalagi di zaman sekarang ini. Bahkan aku saja terkadang berat untuk melakukan hal yang sangat ringan itu. Nah, sekarang aku mengetahui alasannya kenapa kita sebaiknya tersenyum ketika bertemu dengan orang, apalagi kalau kita sudah mengenalnya. Aduh..!! (kejedot)

Alasannya adalah karena senyum itu termasuk ibadah. Hheu

Senyum juga cerminan isi hati kita yang lagi senang, tidak ada masalah, tidak ada rasa benci, terutama terhadap orang yang kita beri senyuman tersebut. Aku pernah diberi senyuman dan juga pernah dicuekin dengan seseorang yang ku kenal. Rasanya sangat berbeda jauh banget lho. Ketika diberi senyuman, rasanya hati ini sangat damai, tentram, dan nyaman. Namun sebaliknya ketika dicuekin maka hati ini terasa sedih, bertanya-tanya kenapa aku tidak dianggap... apa mungkin karena ada yang salah dengan sikap ku.?!?!

Dengan tersenyum, kita bisa membahagiakan orang lain dan bisa bermanfaat untuk orang lain. Dan senyum itu membuat orang lain mengetahui bahwa kita senang dengan keberadaannya. Sehingga orang lain bisa menyukai kita dan berprilaku baik terhadap kita.

Dan yang terakhir ingin aku sampaikan bahwa senyum adalah penyejuk hati yang dapat membuat kita disukai oleh orang lain. Senyum bisa menyelamatkan kita dari kerusakan (fitnah), karena kita memperlakukan baik orang lain. Dan rentetan kebaikan yang lainnya akan datang karena sebuah senyuman kita. Hal yang sepele tapi sangat banyak sekali manfaatnya, yakan.

Untuk itu, Senyum dong..!!!

*Dengan tersenyum kepadaku, aku juga bisa mengetahui hilangnya rasa itu tanpa harus melamarmu.

Tidak ada komentar: